Rabu, 21 April 2010

Tugas Softskill VI - 2010-04-15

1. jelaskan apa yang dimaksud dengan ketahanan nasional!
2. sebutkan dan jelaskan asas-asas ketahanan nasional Indonesia!
3. sebutkan dan jelaskan sifat ketahanan nasional Indonesia!

Jawab:
1. Adalah kondisi dinamik bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi, berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam untuk menjamin identitas, integritas, kelangsungan hidup bangsa dan bernegara serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya.

2. asas ketahanan nasional adalah tata laku yang didasari nilai-nilai yang tersusun berlandaskan Pancasila, UUD 1945 dan Wawasan Nusantara.
a. Asas kesejahteraan dan keamanan
Asas ini merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan wajib dipenuhi bagi individu maupun masyarakat atau kelompok. unsur ini biasanya menjadi tolak ukur bagi ketahanan nasional.

b. Asas komprehensif/integral atau menyeluruh terpadu
Artinya, ketahanan nasional mencakup seluruh aspek kehidupan. Aspek-aspek tersebut berkaitan dalam bentuk persatuan dan perpaduan secara selaras, serasi, dan seimbang.

c. Asas mawas kedalam dan mawas keluar
sistem kehidupan nasional merupakan perpaduan segenap aspk kehidupan bangsa yg saling berinteraksi, untuk itu diperlukan sikap mawas ledalam dan keluar

d. Asas kekeluargaan
asas ini mengandung keadilan, kearifan, kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3. - MANDIRI
Kemandirian (independent) merupakan prasyarat untuk menjalin suatu kerjasama yang saling menguntungkan dalam perkembangan global (interdependent).

-DINAMIS
tidak tetap, naik turun tergantung situasi dan kondisi bangsa dan negara serta lingkungan strategisnya dan selalu diorientasikan kemasa depan dan diarahkan untuk pencapaian kondisi yang lebih baik.

-WIBAWA
Keberhasilan pembinaan ketahanan nasional yang berlanjut dan berkesinambungan tetap dalam rangka meningkatkan kekuatan dan kemampuan bangsa.

-KONSULTASI DAN KERJASAMA
Sifat ini tidak mengutamakan skap konfrontatif dan antagoni, melainkan lebih pada sikap konsultatif dan kerjasama serta saling menghargai dengan mengandalkan pada kekuatan moral dan kepribadian bangsa.


Sumber : pendidikan kewarganegaraan pada universitas gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar