Rabu, 24 Februari 2010

BANGSA DAN NEGARA

bangsa adalah suatu kelompok manusia yang diangggap memiliki identitas bersama dan mempunyai kesamaan bahasa,agama, ideologi,budaya, dan/atau sejarah. mereka umumnya dianggap memiliki asal-usul keturunan yang sama.

Pengertian bangsa menurut para ahli:

-Otto Bauer dan Ernest Rinan, menekankan arti bangsa lebih pada kehendak untuk hidup bersama
-Ki Bagoes Hadikoesoemo atau Tuan Munandar lebih menekankan pada "persatuan antara orang dan tempat"
- Guibernau bangsa adalah negara kebangsaan memiliki unsur-unsur penting pengikat, yaitu: psikologi, kebudayaan, teritorial, sejarah dan masa depan, dan politik

-rawink Bangsa adalah Sekumpulan manusia yang bersatu pada satu wilayah dan memunyai keterikatan dengan wilayah tersebut.

negara adalah suatu wilayah dipermukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial, maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang berbeda dengan bentuk organisasi lain. untuk dapat menjadi suatu negara maka harus ada rakyat, yaitu Sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini.

Pengertian Negara menurut para ahli

-Georg Jellinek Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.

-Georg Wilhelm Friedrich Hegel Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal

-Roelof Krannenburg Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

-Roger F. Soltau Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

-Prof. R. Djokosoetono Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

-Prof. Mr. Soenarko Negara ialah organisasi manyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.

bangsa dan negara memiliki pengertian yang berbeda. apabila negara adalah organisasi kekuasaan dari persekutuan hidup manusia itu sendiri.di dunia ini masih ada bangsa yang belum bernegara. demikian pula orang-orang yang telah bernegara yang pada mulanya berasal dari banyak bangsa dan dapat menyatakan dirinya sebagai suatu bangsa. Baik bangsa maupun negara memiliki ciri khas yang membedakan bangsa atau negara tersebut dengan bangsa atau negara lain di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar